Jumat, 08 Oktober 2010

Macromedia Flash


Flash, softwear animsi yang coba saya dalami sekarang. Karean saat ini flash masih mendominasi animasi di dunia animasi 2D. “Ngk kenal, maka ngk sayang”...kalimat tersebut memiliki arti di dalam bidang. Baik dalam menggait pasangan ataupun hoby.tapi yang terpenting adalah “kemauan”. Jika tidak ada kemauan yang keras..samapai kapan pun kamu akan terasa sulit untuk menyayangi sesuatu.

Dan satu lagi adlah pengenalan dasar. Apapun pelajarannya jika kamu tidak mengenal dasar akan terasa sulit untuk melanjutkannya..jangan pernah menganggap dasar itu sepele. Maka itu mari lah kita mengenal dasar dari flash terlebih dahulu. Pertama kita akan mengenal antar muka dari softwear Flash.



Antarmuka dan area kerja Flash

Gambar di atas adalah antarmuka Flash setiap blox merah memiliki fungsi tersendiri.
Menu utama: adalah menu yang terdiri dari daftar menu-menu yang di golongkan dalam satu katagori. Seperti misalnya menu File terdiri atas perintah New, Open, Save,dkk. Dan masih bnyak lagi menu yang lain yang memiliki fungsi tersendiri. Setiap fungsi menu dapat anda cari tau di paman google. Atau lebih jelasnya bisa langsung praket dengan tutorial-tutorial yang saya berikan nanti. Itu lebih mudah di mengerti dalam penggunaan sebuah menu.

Tool Box: adalah kumpulan tool-tool atau bisa juga disebut alat pembuatan sebuah object yang sering dugunakan untuk menggambar, menyeleksi, memberi warna, memodifikasi objek..

Timeline: berisikan frame, scene, layer.lebih bnyak di gunakkan sebagai pembentukkan sebuah animasi. Sanagt penting dalam pembentukkan sebuah animasi.

Color Window: seperti namanya, sebagai jendelanya warna. Disini kita bisa memberi warna ataupun mengedit warna sesuai gambaran kita pada objek. Memberi gradasi warna, effect warna. Pokonya yang berhubungan dengan warna.

Componen: dalam membuat animasi kita tidak hanya butuh satu gambar objeck, tapi beberapa gambar object yang berbeda untuk menjadikkannya sebuah gerak. Dalam panel component inilah gambar-gambar tersebut di tampung. Selain menampung objek, bisa menampung sound, movie, button dkk.

Stage: area atau tempat kerja kita dalam pembuatan sebuah objek, mengedit objek, visual objek, yang akan menampilkan gambaran-gambaran animasi.

Properti: adalah milik tempat penagaturanyang di miliki Stage. Dan menginformasikkan atribut-atribut objek dalam stage yang bisa dirubah propertinya melalui panel property ini.

Itulah “dasar” dari pengenalan antarmuka Flash. Yang akan sering digunakan, ada beberapa panel yang belum di “kenalkan” secara dasar. tapi panel tersebut bisa anda kenal jika anda benar-benar sudah memahami dasar panel diatas. Untuk tingkat lanjut akaan mengenal panel actionscript. Di mana panel ini sudah bermain dalam animasi programming. Menggunakan action-action yang mempermudah dalam pembuataan sebuah animasi.

1 komentar: